Promo Karimun Jawa

Monday, 17 June 2013

Beberapa Tips Agar Mobil Anda Aman Dari Maling

Berkat pengalaman masa lalu. Dan semoga ini tidak terjadi pada anda ya bos

ini dia beberapa tips agar mobil anda aman dari maling :
1. Jangan lupa matikan kunci kontak/mesin. Lalu cabut kunci kontak, dan kuncilah mobil setelah Anda parkir. Lakukan hal tersebut sekalipun Anda tidak pergi terlalu jauh dari mobil. Ini adalah suatu keharusan, karena biasanya hal ini sering diremehkan. Ada beberapa kasus pencurian mobil disebabkan karena si pemilik malas mencabut dan mengunci mobil atau bahkan meninggalkan mobil dalam keadaan mesin menyala. Sehingga memberikan peluang 'emas' bagi para pencuri.
2. Jangan menyimpan kunci mobil di dalam mobil. Meski disimpan misalnya di dasbor ataupun di bawah jok, peluang pencuri untuk menemukannya tetaplah besar. Jika Anda malas membawanya karena takut hilang, cobalah ikat dengan tali yang cukup panjang, dan kaitkan ke dompet ataupun tali ikat pinggang.
3. Masukan gigi porseneling setelah mematikan mesin (saat parkir), dengan arah yang berlawanan arah dengan arah parkir. Sebagai contoh, jika Anda parkir dengan moncong mobil ke arah luar, masukkan gigi porseneling mundur. Cara ini bertujuan untuk mencegah mobil ditarik ke luar. Agar lebih aman, aktifkan juga rem tangan.
5. Jika perlu, cabut kabel busi. Dengan cara ini, mesin mobil tidak akan menyala, sehingga bisa menghambat usaha pencuri untuk melarikan mobil Anda. Karena jika harus membuka kap mesin terlebih dahulu atau berusaha mengambil mobil dengan cara didorong, tentunya membutuhkan effort yang besar dan waktu yang lebih lama.
6. Tutup semua jendela mobil saat diparkir. Sedikit saja celah terbuka, bisa menjadikan peluang bagi para pencuri.
7. Parkirkan mobil Anda di area yang cukup terang, terutama ketika malam hari. Kondisi sekitar yang gelap lebih disukai para pencuri mobil ketimbang lokasi yang terang benderang.
8. Parkirkan mobil Anda di area yang cukup ramai. Area ini juga terhitung sebagai area pantangan bagi mereka untuk melakukan aktivitas pencuriannya. Itu karena daerah yang cukup ramai, berarti juga ada banyak saksi yang bisa melihat aktivitas pencurian mereka.
9. Beri ganjalan pada ban setelah mobil diparkir. Meski terhitung sebagai sebuah tindakan yang kecil, setidaknya hal ini dapat memperlambat proses pencurian.
10. Jangan tinggalkan surat-surat seperti STNK dan polis asuransi di dalam mobil. Jika Anda kehilangan surat-surat tersebut, proses pemerolehan mobil (bagi pemilik asuransi) atau saat Anda memprosesnya pada kepolisian akan sangat sulit.
11. Jika Anda memiliki garasi, gunakanlah. Hal ini perlu dilakukan untuk memperkecil peluang pencurian mobil. Mungkin Anda malas untuk melakukannya. Apalagi jika Anda terlalu lelah karena baru saja pulang dari kantor, misalnya. Hilangkanlah rasa malas itu, jika Anda tidak mau kehilangan mobil kesayangan Anda.

sumber : otosia.com

2 comments: